Tanaman Komfrey (Symphytum officinale L.)

Posted by alam bercak on Saturday, March 23, 2013



Tanaman Komfrey (Symphytum officinale L.)

Salah satu bahan alam yang dapat digunakan untuk pengobatan tradisional adalah komfrey (Symphytum officinale L.). Komfrey merupakan tanaman yang sangat umum di Eropa dan Asia Barat yang dapat tumbuh di tanah yang berumput atau dipinggir selokan. Di Indonesia sendiri tanaman ini masih sangat sulit untuk ditemukan danjuga belum dikenal oleh masyarakat luas. Namun, temyata dalam beberapa jenis makanan, daun komfrey digunakan sebagai bahan penambah selera. Komfrey biasanya tumbuh di daerah dingin dan biasanya ditanam di dalam pot atau di kebun sebagai tumbuhan herba.
Produk-produk komfrey sudah dipasarkan sebagai teh herbal, serbuk akar herbal dan kapsul. Komfrey juga merupakan diet makanan tradisional orang Eropa dan obat herbal.
Komfrey (Symphytum officinale L.) termasuk famili Boraginaceae. Dari tanaman ini banyak sekali khasiat dan kegunaannya bagi tubuh. Yang dapat digunakan untuk pengobatan yaltu pada bagian daun, karena pada bagian daun ini terdapat zat-zat berkhasiat seperti symphytine, echimidine, anadoline, alkaloid pirolizidine (Pas), tanin, minyak atsiri, allantoin, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan vitamin E. Sedangkan pada bagian akar mengandung alkaloid pirolizidine (Pas).
Tanaman komfrey merupakan tanaman yang belum dikenal masyarakat luas, bagian tanaman komfrey mengandung zat yang dapat digunakan untuk pengobatan, sehingga dilakukan penelitian untuk mengetahui kandungan kimia daun dan akar komfrey yang memiliki aktivitas biologi sebagai bahan obat.
Informasi tentang khasiat tanaman komfrey belum dikenal luas sehingga dilakukan penelitian untuk menambah informasi tentang kandungan kimia tanaman komfrey yang dapat inemberikan efek farmakologi khususnya tentang alkaloid.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment