BESARAN DAN SATUAN

Posted by alam bercak on Friday, April 19, 2013


BESARAN DAN SATUAN

Dimensi adalah satuan yang dinyatakan secara umum dalam besaran pokok. Misalnya, kecepatan dinyatakan dalam panjang per satuan waktu. Secara khusus kecepatan dapat dinyatakan dalam meter per detik, cm/det, km/jam dsb. Besaran pokok adalah besaran yang merupakan dasar pengukuran besarn-besaran lain. Contoh besaran pokok adalah; panjang (l), massa (m), waktu (t), suhu (t) muatan listrik, dsb. Besaran turunan adalah besaran yang dapat dinyatakan dalam besaran primer misalnya luas (panjang) 2 volum ; (panjang)3 = l3.
Satuan adalah sesuatu yang digunakan untuk menyatakan ukuran besaran.
Misalnya;
Panjang dinyatakan dalam meter, feet, mil dsb.
Massa dinyatakan dalam; gram, pound (lb), kg, slug dsb.
Waktu dinyatakan dalam menit, detik, jam
masukan
lingkungan
luaran
batas
lingkungan
sistem
torak
batas
Operasi penjumlahan atau pengurangan hanya bisa dilakukan terhadap besaran dengan dimensi dan satuan yang sama. Bagi setiap besaran harus ditetapkan suatu satuan dasar.
Satuan-satuan dasar yang berbeda menimbulkan berbagai sistem satuan. Tabel di bawah ini menunjukan dimensi besaran pokok dan satuannya, dimensi besaran turunan dan satuannya

Sistem Satuan
Ada beberapa sistem satuan yang dikenal. Tapi yang sering digunakan adalah Sistem-sistem satuan Internasional dan sistem satuan inggris.
a) Sistem Internasional (SI) digunakan secara internasional dalam bidang ilmu pengetahuan.Ada 2 sistem yang dipakai yaitu CGS dan MKS.Satuan dasar untuk sistem SI adalah
m = meter, untuk satuan panjang
kg = kilogram , untuk satuan massa
s= detik untuk satuan waktu
b) Sistem satuan Inggris banyak digunakan dalam bidang teknik, di negara yang menggunakan bahasa Inggris. Satuan dasar untuk sisitem british (inggris) adalah:
Ft= feet, satuan panjang
S= second, detik satuan waktu
Lb= leib(pound) , dalam sistem inggris ada dua jenis satuan pound yaitu:
Lbm = poundmass (pon massa), satuan massa
Lbf = pound force, (pon gaya) ,satuan gaya
gaya diturunkan dari tiga satuan besar yaitu massa, panjang dan waktu. Untuk penurunan ini digunakan hukum Newton kedua;
F = C.m.a dimana F = gaya
C = tetapan
m = mass a
a = percepatan
Pada fluida yang bergerak akan memberikan tekanan sebagai berikut;
Tekanan Statika
Tekanan yang bekerja pada bidang yang sejajar dengan arah aliran fluida, biasanya terjadi pada dinding pipa permukaan dalam.
Tekanan Tumbuk
Tekanan yang bekerja pada bidang yang tegak lurus dengan arah aliran fluida.
Tekanan Kecepatan (tekanan dinamik)
Selisih antara tekanan statika dan tekanan tumbuk pada hukum yang sama.
Pada fluida yang diam (stasioner) tekanan ke segala arah sama besar, karena tekanan kecepatan sama dengan nol sehingga tekanan statika = tekanan tumbuk.


{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment