Penyakit Jantung Koroner

Diposting oleh Ilmu Alam Bercak on Jumat, 03 Mei 2013


Sekilas Informasi Tentang Penyakit Jantung Koroner


Penyakit jantung koroner merupakan penyakit yang diakibatkan oleh pembuluh arteri koroner yang menyempit atau tersumbat karena adanya endapan lemak yang semakin lama semakin menumpuk di dinding arteri. Yang juga dapat mengakibatkan daya pompa jantung melemah, sehingga menyebabkan darah tidak beredar sempurna ke seluruh tubuh.
Bila hal ini terjadi di pembuluh darah ke otak, itulah yang kita kenal dengan Stroke, sementara bila terjadi di pembuluh darah ke jantung, inilah yang kita kenal dengan serangan jantung. Penyakit Jantung Koroner merupakan salah satu penyakit degeneratif, artinya, proses terjadinya penyakit ini berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bahkan sampai belasan atau puluhan tahun.

Penyebab Terjadinya Penyakit Jantung Koroner
Penyakit jantung koroner disebabkan adanya penyempitan dan penyumbatan pembuluh arteri karena penumpukan zat lemak secara berlebihan di lapisan dinding nadi pembuluh koroner. hal tersebut dipengaruhi oleh pola makan yang kurang sehat, kurang berolahraga, kecanduan rokok, hipertensi, dan kolesterol tinggi sehingga mempengaruhi pembentukan pembekuan darah.

Gejala Penyakit Jantung Koroner
Gejala yang sering di alami penderita penyakit jantung koroner yaitu nyeri di bagian dada, lebih spesifiknya dada di bagian tengah yang menjalar sampai ke lengan kiri atau leher, bahkan sampai ke punggung. Nyeri dada seperti ini adalah ciri khas dari penyakit jantung koroner. Nyeri ini timbul hanya ketika melakukan aktivitas fisik dan akan berkurang saat beristirahat. Gejala penyerta seperti keringat dingin dan timbulnya rasa mual.
Agar terhindar dari penyakit jantung koroner, ada baiknya kita membiasakan pola hidup yang sehat. 

Advertisement

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar