Tanaman Artocarpus

Posted by alam bercak on Saturday, March 23, 2013



Tanaman Artocarpus
Artocarpus merupakan salah satu genus dari Moraceae yang terdapat di daerah tropik dan subtropik. Tumbuhan ini umumnya mempunyai pohon yang tinggi dan bergetah putih di seluruh bagian tumbuhan, berkayu keras, berakar tunggang dan mempunyai buah yang umumnya berdaging tebal berwarna kuning, kuning pucat, kuning kemerah-merahan, atau jingga dan beraroma harum.
Tumbuhan Artocarpus merupakan tumbuhan penghasil buah. Tumbuhan ini mempunyai buah dengan ukuran kecil sampai ukuran besar. Buah segar dari tumbuhan ini dapat langsung dikonsumsi bila sudah masak atau dapat juga dikonsumsi sebagai sayur, terutama buah dari A. heterophyllus, A. champeden, dan A. communis.
Isolasi senyawa flavon dari Artocarpus bracteata, dari kulit batang mendapatkan Artoindonesianin J, Kanzonol C, 6-Isoprenilapigenin, Karpakromen, dan Lupeol asetat. Sedangkan dari kulit akar mendapatkan Kanzonol C, 6-Isoprenilapigenin, Karpakromen, dan Lupeol. Senyawa flavonoid yang ditemukan pada A. bracteata mempunyai pola yang sangat khas, yaitu mono-oksigenasi pada cincin B dan terisoprenilasi pada cincin A atau cincin A dan B pada posisi C-3' dan C-3 dari kerangka dasar calkon, sedangkan untuk senyawa dengan kerangka dasar flavon tersubsitusi pada posisi C-6.
Keistimewaan dari flavonoid yang dihasilkan oleh Artocarpus ialah adanya substituen isoprenil pada C-3 dan pola 2',4'dioksigenasi atau 2',4',5'-trioksigenasi  pada cincin B dari kerangka dasar flavon. Ciri ini diwujudkan pada berbagai jenis senyawa, seperti flavon dengan prenil bebas pada C-3, piranoflavon, oksepinoflavon, oksosinoflavon, dihidrobenzosanton, dan kuinonodihidrobenzo-santon. Senyawa-senyawa jenis ini belum pernah ditemukan pada tumbuhan lain. Selain mempunyai struktur molekul yang unik, beberapa senyawa flavon yang berasal dari Artocarpus juga memperlihatkan bioaktivitas antitumor yang tinggi pada sel leukemia L 1210.

Tumbuhan Artocarpus dadah Miq.
Artocarpus dadah merupakan salah satu spesies dari genus Artocarpus dengan famili Moraceae. Klasifikasi tumbuhan A. dadah dalam taksonomi tumbuhan adalah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub-divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Ordo : Morales
Famili : Moraceae
Genus : Artocarpus
Spesies : Artocarpus dadah Miq.

Tumbuhan A. dadah juga mempunyai beberapa nama daerah seperti keledang tampang bulu, tampang telor, tampak, cempedak ayer, merubi, ta-mal, thangkhan, dadah, hat-lukyai, tampang-dadak, dan hat-rum.
Tumbuhan A. dadah memiliki tinggi pohon 25 - 50 m. Batangnya berbentuk bulat panjang, berkayu keras dan tumbuhnya lurus dengan diameter 0,5 – 2,5 m. Kulit batang tanaman A. dadah agak tebal dengan tekstur yang kasar dan berwarna keabu – abuan. Bentuk daunnya agak membulat dan panjang, tepinya rata, permukaan atas daun berwarna hijau tua agak kusam dan kaku.
Dari spesies A. dadah ini telah ditemukan dua kelompok senyawa utama yang lazim, yaitu kelompok non-fenolik terdiri dari tiga turunan triterpenoid, yakni lupeol (1), lupeol asetat (2) dan β-sitosterol (3) dan dari kelompok fenolik yang termasuk turunan flavan-3-ol, yaitu afzelekin-3-O-α-L-ramnosida.

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment